Rabu, 13 Mei 2015

Plasenta Sirkumvalata



BAB I
PENDAHULUAN

A.       Latar Belakang
Angka kematian ibu di Indonesia masih tinggi yaitu sebesar 420 per 100.000 kelahiran hidup, rasio tersebut sangat tinggi bila dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya (Mauldin, 1994).
Langkah utama yang paling penting untuk menurunkan angka kematian ibu adalah mengetahui penyebab utama kematian. Di Indonesia sampai saat ini ada tiga penyebab utama kematian ibu yaitu perdarahan, pre eklampsia-eklampsia, dan infeksi.
Perdarahan sebelum, sewaktu, dan sesudah bersalin adalah kelainan yang berbahaya dan mengancam ibu. Perdarahan pada kehamilan harus selalu dianggap sebagai kelainan yang berbahaya. Perdarahan pada kehamilan muda disebut keguguran atau abortus, sedangkan pada kehamilan tua disebut perdarahan antepartum. Batas teoritis antara kehamilan muda dan kehamilan tua ialah kehamilan 28 minggu (dengan berat janin 1000 gram), meningat kemungkinan hidup janin diluar uterus (Wiknjosastro, 1999).
Janin di dalam kandungan yang seharusnya memerlukan makanan dan nutrisi yang menjadikannya tumbuh dan berkembang. Di dalam rahim ibu,  janin mempunyai saluran pengikat antara ibu dan bayi yang biasa kita sebut sebagai plasenta. Plasentatumbuh saat janin berusia kurang lebih satu minggu pertama. Pada plasenta terdapat berbagai macam fungsi diantaranya sebagai respirasi, ekskresi dan produksi hormone, sehingga terjadi pertukaran zat antara ibu dan janin.
Namun, salah satu penyebab pendarahan antepartum adalah plasenta sirkumvalata. Dimana Plasenta Sirkumvalata  adalah  Plasenta  yang pada permukaan fetalis dekat pinggir terdapat cincin putih. Cincin ini menandakan pinggir plasenta, sedangkan jaringan di sebelah luarnya terdiri dari villi yang tumbuh ke samping di bawah desidua.
B.       Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dalam makalah ini, yaitu:
1.    Bagaimanakah etiologi plasenta sirkumvalata?
2.    Bagaimanakah patofisiologis plasenta sirkumvalata?
3.    Bagaimanakah diagnosa plasenta sirkumvalata?
4.    Bagaimanakah penatalaksanaan plasenta sirkumvalata?

C.       Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penulisan dalam makalah ini, yaitu:
1.    Untuk mengetahui bagaimana etiologi plasenta sirkumvalata
2.    Untuk mengetahui  bagaimana patofisiologis plasenta sirkumvalata
3.    Untuk mengetahui  bagaimana diagnosa plasenta sirkumvalata
4.    Untuk mengetahui penatalaksanaan plasenta sirkumvalata

























BAB II
PEMBAHASAN

A.       Definisi Plasenta Sirkumvalata
Plasenta sirkumvalata adalah variasi yang terbentuk jika lempeng korion yang terletak disisi janin plasenta lebih kecil daripada lempeng basal yang terletak disisi ibu, jika permukaan janin dari plasenta semacam ini menyebabkan terbentuknya cekungan sentral dengan cincin putih keabu – abuan tebal disekelilingnya.
Plasenta Sirkumvalata  adalah  Plasenta  yang pada permukaan fetalis dekat pinggir terdapat cincin putih. Cincin ini menandakan pinggir plasenta, sedangkan jaringan di sebelah luarnya terdiri dari villi yang tumbuh ke samping di bawah desidua. Sebagai akibatnya pinggir plasenta mudah terlepas dari dinding uterus dan perdarahan ini menyebabkan perdarahan antepartum.

Gambar plasenta sirkumvalata
B.       Etiologi
Diduga  chorion frondosum terlalu kecil dan untuk mencukupi kebutuhan vili menyerbu ke dalam desidua diluar permukaan frondosuin.
Insiden : 2 – 18 %.
C.       Patofisiologis
Menurut para ahli plasenta sirkumvalata sering menyebabkan abortus dan solusio plasenta. Bila cincin putih ini letaknya dekat sekali ke pinggir plasenta, di sebut plasenta marginata. Kedua-duanya disebut sebagai plasenta ekstra coriel. Pada plasenta marginata mungkin terjadi adeksi dari selaput sehingga plsenta lahir telanjang tertinggalnya selaput ini dapat menyebabkan perdarahan dan infeksi.

D.      Tanda dan Gejala
Pada setiap perdarahan antepartum pertama-tama harus selalu dipikirkan bahwa hal itu bersumber pada kelainan plasenta, karena perdarahan antepartum yang berbahaya umumnya bersumber pada kelainan plasenta, sedangkan kelainan serviks tidak seberapa berbahaya. Pecahnya sinus marginalis merupakan perdarahan yang sebagian besar baru diketahui setelah persalinan pada waktu persalinan, perdarahan terjadi tanpa sakit dan menjelang pembukaan lengkap. Karena perdarahan terjadi pada saat pembukaan mendekati lengkap, maka bahaya untuk ibu maupun janinnya tidak terlalu besar.

E.       Diagnosa
Diagnosis plasenta sirkumvalata baru dapat ditegakan setelah plasenta lahir tetapi dapat diduga bila ada perdarahan intermiten atau hidrorea.Bagian paling penting dari perawatan pralahir adalah untuk memastikan janin tumbuh dan berkembang dengan baik. Selama ultrasound rutin, dokter mungkin menemukan bahwa plasenta dan selaput yang tidak tumbuh dengan baik, sebuah kondisi yang disebut plasenta sirkumvalata. Kondisi ini dapat mengakibatkan berat badan lahir rendah, persalinan prematur dan melahirkan, dan pembatasan pertumbuhan intrauterin.
Diagnosis dari circumvallate plasenta dan pembatasan pertumbuhan intrauterin awal kehamilan adalah penting untuk memastikan perawatan yang tepat dan pemantauan bayi. Hal ini penting untuk memiliki ultrasound dan pemeriksaan rutin. Circumvallate plasenta adalah ketika kantong membran berada di belakang plasenta, membatasi efektivitas plasenta. Kantong membran, yang dikenal sebagai cincin, membatasi perluasan pembuluh darah janin.
Wanita hamil didiagnosis dengan circumvallate plasenta memiliki plasenta yang melengkung ke dalam. Melengkung dari plasenta dapat menyebabkan stres dengan pembatasan, dan kadang-kadang pertumbuhan janin pelepasan plasenta yang dihasilkan dalampengirimandarurat.
Restriksi pertumbuhan intrauterin adalah suatu kondisi dimana janin tidak dapat tumbuh ke ukuran yang ditentukan secara genetis. PJT mengacu pada janin yang diperkirakan berada di persentil 10 atau lebih rendah saat lahir. Ketika seorang wanita didiagnosis dengan plasenta circumvallate, ini berkorelasi langsung ke janin dengan PJT. Untuk menjamin keselamatan dan pertumbuhan yang tepat dari seorang bayi yang belum lahir, penting untuk mendiskusikan sejarah keluarga dan jadwal ujian reguler.

F.        Identifikasi
Circumvallate plasenta diidentifikasi sebagai cincin, putih tebal dan buram putaran membran di sekitar plasenta. Sebagai seorang wanita mencapai trimester ketiga di kehamilan, cincin putih dapat mulai untuk menutupi sisi plasenta janin. Untuk mata yang tak terlatih, circumvallate plasenta tampak seperti kantong plastik putih yang terbentuk di sekitar plasenta datang dari bawah.
G.        Fungsi
Plasenta adalah organ dalam tubuh wanita yang menghubungkan janin berkembang ke dinding rahim. Plasenta memungkinkan limbah dari janin akan dibuang melalui ginjal ibu. Ketika seorang wanita didiagnosis dengan circumvallate plasenta, plasenta tidak dapat menyediakan janin dengan jumlah yang sesuai dari oksigen dan makanan.

H.      Peringatan
Wanita hamil yang mengalami circumvallate plasenta berada pada risiko yang sangat tinggi untuk melahirkan bayi prematur atau keguguran. Ketika plasenta circumvallate terus kurva dan meringkuk di sebagian besar kehamilan ada kemungkinan bahwa plasenta akan terlepas dan bayi perlu dikirimkan segera melalui operasi caesar. Jika plasenta terlepas sebelum 25 minggu kehamilan, ada kemungkinan besar keguguran. Sekali seorang wanita didiagnosis dengan circumvallate plasenta, itu penting untuk memiliki ultrasound dan tes stres janin setidaknya sebulan sekali.

I.         Pencegahan/Solusi
Diet adalah penting, dan pasien dengan janin didiagnosis dengan pembatasan pertumbuhan harus makan makanan yang sehat. Sementara plasenta hanya dapat melepaskan nutrisi porsi kecil, penting bahwa apa yang dirilis yang sehat. Meskipun tidak ada pengobatan untuk circumvallate plasenta, kebanyakan wanita tidak membawa mereka ke janin usia kehamilan yang sehat dan melahirkan bayi yang sehat. Wanita yang memiliki circumvallate plasenta harus memiliki ultrasound bulanan dan akan diperlakukan sebagai pasien berisiko tinggi kehamilan untuk memastikan janin dan plasenta dipantau secara ketat. Untuk membantu dengan pertumbuhan dan perkembangan bayi, vitamin prenatal penting untuk ibu-to-be dan harus diminum dua kali sehari.
J.        Penanganan Plasenta Sirkumvalata
  1. Jika pada kehamilan terjadi perdarahan intermitten dan belum terjadi perdarahan ibu disarankan untuk beristirahat total untuk mencegah terjadinya perdarahan.
a.         Perbaiki keadaan umum ibu, memperbaiki keadaan umum ibu dengan istirahat total dan pemberian terapi, dan pemberian obat-obat hormonal danpenambah darah, infus telah terpasang pada lengan dengan cara IV 40 tpm atau guyur jika ada tanda-tanda syok, O2 terpasang 2-3 liter
b.         Evaluasi perdarahan dan kondisi kehamilan ibu, memantau jumlah perdarahan dan TTVibu, dan kondisi kehamilan jika terjadi keguguran lakukan kuretase dan jika bayi masihbisa dipertahankan atau terjadi solusio plasenta lahirkan bayi secara sesar. Tindakan telahdilakukan.
c.         Atur posisi yang nyaman, mengatur posisi ibu senyaman mungkin sehingga pertukaranO2 dan Co2 lancar misalnya posisi semi powler atau terlentang. Ibu telah tidur denganposisi semi fowler dan atau terlentang.
d.         Anjurkan ibu istirahat, menganjurkan ibu untuk istirahat total dan tidak melakukanaktifitas fisik dengan tidur siang 1-2 jam sehari dan tidur malam 7-8 jam sehari. Pasientelah istirahat.
e.         Ingatkan ibu untuk memperhatikan kebutuhan nutrisi, Mengingatkan ibu untukmemperhatikan kebutuhan nutrisi dengan makan makanan yang sehat dan bergizi secarateratur seperti nasi, lauk pauk, sayur-sayuran, dan buah-buahan, serta minum air putih8-9 gelas sehari, bila perlu susu 1 gelas sehari, tidak ada pantangan makanan apapunbagi ibu. Ibu mengerti dan mau melakukannya.
  1. Jika sudah terjadi perdarahan lakukan kolaborasi dengan tenaga kesehatan yang berwenang dalam hal ini dokter obsgin untuk mencegah perdarahan yang dapat mengancam jiwa ibu.
  2. Jika mengakibatkan solutio plasenta lakukan penanganan seperti pasien solutio plasenta, jika terjadi perdarahan hebat (nyata atau tersembunyi) lakukan persalinan segera. Seksio caesarea dilakukan jika :
a.       janin hidup, gawat janin tetapi persalinan pervaginam tidak dapat dilaksanakan dengan segera (pembukaan belum lengkap)
b.      janin mati tetapi kondisi serviks tidak memungkinkan persalinan pervaginam dapat berlangsung dalam waktu singkat
c.       persiapan, cukup dilakukan penanggulangan awal dan segera lahirkan bayi karena operasi merupakan satu-satunya cara efektif untuk menghentikan perdarahan




BAB III
PENUTUP

A.       Kesimpulan
Plasenta Sirkumvalata  adalah  Plasenta  yang pada permukaan fetalis dekat pinggir terdapat cincin putih. Cincin ini menandakan pinggir plasenta, sedangkan jaringan di sebelah luarnya terdiri dari villi yang tumbuh ke samping di bawah desidua.
Wanita hamil yang mengalami circumvallate plasenta berada pada risiko yang sangat tinggi untuk melahirkan bayi prematur atau keguguran. Ketika plasenta circumvallate terus kurva dan meringkuk di sebagian besar kehamilan ada kemungkinan bahwa plasenta akan terlepas dan bayi perlu dikirimkan segera melalui operasi caesar. Jika plasenta terlepas sebelum 25 minggu kehamilan, ada kemungkinan besar keguguran. Sekali seorang wanita didiagnosis dengan circumvallate plasenta, itu penting untuk memiliki ultrasound dan tes stres janin setidaknya sebulan sekali.

B.       Saran
1.    melakukan deteksi dini kemungkinan terjadinya plasenta sirkumvalata dan membantu penatalaksanaan secara dini sehingga dapat mengurangi angka mortalitas.
2.    Penatalaksanaan perdarahan antepartum yang baik dapat mengurangi angka mortalitas dan morbiditas ibu dan janin.
3.    penggunaan Ultrasonography yang akurat dan menunjang diagnosa secara cepat











DAFTAR PUSTAKA

Bagus Gde Manuaba, Ida. Ilmu Kebidanan, PenyaklitKandungan & Keluarga Berencana Untuk PendidikanBidan: EGC, Jakarta. 1998.
Mochtar, Rustam. Sinopsis Obstetri : EGC. Jakarta . 1998
JNPKKR-MNH. Depkes RI. 2008. Asuhan persalinan Normal. Jakarta
Pusdiknakes. 2003. Konsep asuhan Kebidanan.WHO-JPHIEGO.Jakarta
Varney, Helen. 1997. Varney’s Midwifey. Massachussets : Jones and bartlett Publishers
Winkjosastro, hanifa. 2005. Ilmu Kebidanan. Jakarta : YBPSP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar